About
sumatra1

Peringatan 60 Tauhun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

INDONESIA KAIN PARTY 2018

Terletak tepat di bawah khatulistiwa, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri dari populasi terbesar keempat di dunia yang memiliki lebih dari 230 juta orang dan lebih dari 15.000 pulau. Indonesia terdiri dari beragam etnik sebanyak lebih dari 150 atau lebih, tetapi warga negara Indonesia memiliki kesadaran umum sebagai satu kesatuan dibawah slogan “Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetapi tetap satu), dimana rakyat Indonesia hidup dengan saling menghormati setiap bahasa, budaya, dan tradisi yang ada. Ini merupakan budaya yang indah.

 

Kepribadian etnik juga muncul dalam kain. Teknik dan pola pencelupan dan pertenunan telah dihargai dan dikembangkan dalam kelompok etnis. Dari pola yang digambar pada kain Anda bisa merasakan apa yang disampaikan dari nenek moyang, apa yang terjadi pada jaman itu, keindahan dan kemewahan apa yang diimpikan.Selain itu, pengaruh budaya dari India, Cina, Islam, dan negara Barat, terpancar pada motif kain indah yang berbeda-beda di setiap daerah dan etnisnya. Tidak salah apabila Indonesia disebut Negara Kain, atau negara yang kaya akan kain.

 

Dr. Hj. ELZA SYARIEF, SH., MH, yang bekerja sama dengan ATCI (Asian Textile Culture Institute) adalah seorang pengacara wanita yang dikatakan paling berpengaruh di Indonesia, dan merupakan Direktur Utama PERWIRA (Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia).

Kami telah mendirikan KORPWINDO 2017 dibawah kerjasama dengan Kementrian UKM dan IKM, dengan tujuan agar para wanita Indonesia tahu dan sadar bahwa kain Indonesia yang dibuat dengan teknik khusus, juga diminati oleh masyarakat Jepang. Bagaimana caranya kami bisa menjembatani mereka agar mereka dapat membuahkan hasil karya tanpa perlu pergi kerja ke luar negeri. Kami telah melakukan workshop dan pembinaan bersama. Tahun 2018 adalah peringatan hubungan bilateral Indonesia dan Jepang yang ke 60 tahun, jadi kami berpikir ingin bergerak dimulai dari Jepang.

TOP